GO musik Indonesia

18

11 Desember 2010 oleh roby

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak musisi Indonesia yang merambat ke kancah internasional dan bahkan bukan cuma menjamah tapi bisa mempunyai banyak fans. Namun tentunya musisi yang merembes ke kancah internasional itu bekan band 4L@y nan melayu. Mereka adalah band Indonesia yang punya talenta seperti S.I.D, Shagy Dog, RNRM, D’cinnamonz, mocca, Shandy sandoro,dll. Namun yang membuat kita perihatin adalah mereka yang punya potensi ini malah tenggelam dan tidak terkenal di negeri kita sendiri, mereka malah terkenal di luar negeri.

Para musisi tersebut berpendapat ” jika musik kami tidak laku di negara sendiri ya kita promo di luar aja ” beberapa musisi tenar Amerika seperti vokalis grup band Good Charlotte, Joel Madden melemparkan stment bahwa indonesia mempunyai kans yang besar menjadi negara yang mempunyai kualitas musik yang akan melejit seperti Amerika.

Hal ini sudah menjadi kenyataan kalau banyak musisi Indonesia yang punya potensi itu sudah merajai chart list di Malaysia dan singapura. Lalu contoh lain yang memilukan adalah Shandy sandoro yang menorehkan prestasi gemilang di jerman dengan menjuarai German Idol dan Euro Idol tidak terkenal di Indonesia.

Jika kita tengok negara dengan musik yang paling diminati di asia yaitu jepang, mereka mempunyai kualitas musik yang unik dan begitu dihargai di negara mereka sendiri dan mengedepankan nasionalisme di depan genre mereka, misal Jrock dan Jpop. Kualitas musik mereka yang unik membuat mereka disukai di negara sendiri maupun dunia.

Dan salah satu hal yang paling membuat kita harus berbangga pada indonesia adalah saat ada pertanyaan wartawan di ajang asian beat award kepada vokalis L’Arc~en~Ciel Hyde adalah ” Jepang sudah go internasional kira-kira adakah negara di asia yang bisa menyaingi Jepang ? ” Indonesia ” jawab Hyde, lemparan statmen itu membuktikan bahwa musik indonesia sudah diakui di asia.

(source: http://overfame.com dan http://ikikatta.blogspot.com)

18 thoughts on “GO musik Indonesia

  1. Hairullah mengatakan:

    Setuju… Musik alay arus dihilangkan!! Masuk rock mulai hidup di indonesia,, contohnya band baru Almost Van D’va dan beberapa band festival..

  2. iwan prasetya mengatakan:

    ini adalah hasil perjuangan para pionir spt Andy Atis, Daniel Sahuleka dll yg berjuang di luar negeri sono. Juga perjuangan panjang para artis & insan pers selama sekian lama, agar musik Indonesia bisa terangkat. Viva Musik Indonesia!

  3. Denuzz BURUNG HANTU mengatakan:

    miris ya melihat dunia permusikan Indonesia yang dikuasai melow2 gak jelas…😀

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  4. Bali Property mengatakan:

    Semoga musik indonesia semakin maju, dan memberi warna yang indah di musik dunia.
    tapi kebanyakan sekarang yang populer di indonesia adalah musik-musik yang mellow.
    Bali Villas Bali Villa

  5. alice in wonderland mengatakan:

    kalau soal bermusik sih bebas-bebas ajalah tapi yang penting dunia musik kita tetep punya identitas asli indonesia atau yang berkualitas sehingga mampu bersaing dengan musik luar….jadi bangga deh kita dibilang bisa menyaingi jepang^^
    oya, maaf baru bisa mampir ke sini sekarang… salam kenal juga ya

  6. Roby mengatakan:

    @mas resa: Daniel sahuleka musisi yg tenar di Belanda, di Indonesia paling2 cuma segelintir orang yang tau dan menyimpan lagunya daniel ini.

    @denus: miris memang, coba kalau melow nya musik indonesia bergenre Indopop mungkin bgus.

    @alice: iya, sebenarnya memang harus begitu. Tapi musisi sekarang lebih mau duit aja dbanding berekspresi dan membawa identitas negri.

  7. ageng mengatakan:

    Rasanya agak aneh juga sih, kalo liat permasalahn musik Indonesia yang makin ga laku. Tapi kualitas musik Indonesia dari dulu sampai sekarang menurut saya malah menurun, jadi saya lebih suka lagu-lagu luar hehe

    • roby mengatakan:

      ya kalau musik alay emang ga bakal laku di dunia, tapi kalau musik indo yg memang punya khas dan warna pasti menarik bagi penikmat musik, siapaun itu.

  8. wieta0511 mengatakan:

    hhmm,,
    walau musiik Indonesia agak menurun..tapii kita harus bisa memajukannya..
    salam..

  9. Prima mengatakan:

    amin,amin, amin,… iya bener, lagu2 kita bagus kok (lirik malaysia), cuma tinggal dipoles dan dibikin klip yg serius… kalo kreatifitas mah gak kalah!
    Moga2 kia cepet2 bisa terkenal ya, denger2 agnes dah merambah US?😛

  10. Pendar Bintang mengatakan:

    Saya juga gitu, nggak terkenal di Indonesia tp terkenal di belahan dunia lain, dunia maya! ha ha ha ha

    (sory bercanda)

  11. sukocho mengatakan:

    setuju, masyarakat indonesia dijaman yang maju seprti sekarang ini sepertinya sudah melupakn lagu-lagu indonesia seperti lagu daerah,,

  12. Asop mengatakan:

    Saya akui, dulu semasa SMP dan SMA saya ga suka musik Indonesia..
    Lama-lama, saya suka juga musik dalam negeri.. Semakin banyak musisi2 yang bagus.🙂

    • roby mengatakan:

      iya, musik – musik indonesia terus berkembang, namun yang bikin musik indonesia ga asik adalah ketakutan para musisi untuk membuat gebrakan musik yg fenomenal dan cuma berpatokan pada melayu.

  13. Alex mengatakan:

    nice info, bagus sekali artikelnya kunjungi juga ya jogjapro.com

  14. aoiyuuichi mengatakan:

    SERIUS HYDE BILANG GITU??? *SPEECHLES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: