Bertanya tentang rasa

love is cintaCinta, sebuah kata penuh makna yang bisa diucapkan setiap insan. Kadang kata ini penuh makna namun kadang hanya menjadi bualan belaka. Kata cinta biasanya diucapkan untuk mengungkapkan perasaan yang konon katanya rasa itu penuh dengan tanda tanya. Tapi kok kenapa ya orang bisa mengucapkan kata itu kalau nyatanya perasaan yang sedang dirasa itu penuh dengan tanda tanya.

Cinta biasanya berasa aneh, unik, dan sebagainya. Saat berada didekat orang yang dicinta biasanya jantung berdetak lebih kencang, mata kadang berkaca – kaca.

Lalu ada juga yang menterjemahkan cinta juga adalah rasa yang mengacu pada romantisme, keinginan memiliki dan nafsu. Untuk pengertian yang satu ini saya setuju dengan pepatah bahwa cinta itu tak harus memiliki. Kalau cinta itu nafsu berarti nafsu itu harus dikendalikan dan tidak membiarkannya memperbudak sang pemilik rasa,Lalu bagaimana dengan cinta sejati? Cinta yang membuat orang rela mengorbankan segalanya untuk orang dicintai. Walaupun dirinya sendiri harus menderita bahkan rela untuk mati. Apakah itu juga termasuk nafsu?

Dan apa pula arti dari rasa sayang itu? Sebuah perasaan yang katanya ingin selalu bersama, ingin melindungi dan tidak ngin kehilangan. Apakah sama dengan cinta?

Namun ada satu hal yang membuat saya berfikir keras tentang cinta dan sayang, yaitu cemburu. Rasa yang merupakan tingkat dua dari cinta dan sayang. Rasa yang mempunyai power kuat untuk membakar dan perlu pengendali yang punya kontrol kuat untuk mengendalikan rasa ini.

Saat seseorang melihat orang yang dicintainya bersama orang lain, misalnya saja pacar atau istri dekat dengan pria lain, tentunya kita akan marah dan rasa cemburu mulai membakar cinta dan sayang tersebut dan munculah egoisme nafsu dalam cinta yang ingin dia hanya jadi milik kita. Dan hal ini pun akhirnya hanya membuat semuanya buruk, cinta yang terbakar cemburu membuat semuanya berantakan dan cinta yang ada menjadi dibuang dengan paksa dan akhirnya menjadi hancur. Lalu apa yang kita inginkan dari rasa cinta? Jika akhirnya saat api cemburu membakar kita akan membuang paksa cinta dan sayang kita dan merelakannya untuk orang lain.

 

Iklan

32 thoughts on “Bertanya tentang rasa

  1. Cinta memang sering membingungkan. Ia bisa melakukan apa saja kepada seseorang yang sedang dilanda. Karenanya cinta harus dapat dikendalikan dengan cara yang baik agar tidak melukai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s