solusi Blue Screen Of The Death

Blue Screen Of The Death (BSOD) atau ada juga yang menyebutnya Windows Dump, bagi banyak pengguna komputer pastilah bukan hal asing, tapi taukah anda apa penyebab hal tersebut?

Bluescreen bisa disebabkan oleh ketidak cocokan hardware atau software yang terpasang pada komputer anda. Bisa juga disebabkan oleh adanya driver yang berhenti bekerja.

Selain hal diatas ada beberapa penyebab lain yang mungkin tidak terfikirkan oleh anda.

penyebab – penyebab tersebut antara lain :

  1. Komputer dengan spesifikasi dibawah minimum OS, misalnya komputer dengan prosesor pentium dual core dan kartu vga onboard lalu kemudian di pasang windows 7 yang notabene punya tampilan grafis yang tajam akan membuat hardware anda bekerja lebih keras dan loyo.
  2. Bermain game dengan spesifikasi high end di komputer dengan spesifikasi standar juga akan membuat kartu vga anda bekerja keras dan terpaksa.

Dari 2 hal diatas, bluescreen bisa terjadi jika ada komponen hardware yang rusak dan hal yang paling memungkinkan terjadi adalah kerusakan kartu vga.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa tau komponen apa yang rusak pada komputer kita jika terjadi bluescreen?

  • Jika masih memungkinkan booting ke windows kita bisa mencoba aplikasi bernama bluescreen viewer untuk mengetahui komponen yang rusak, dan setelah mengetahuinya kita bisa mendownload file korup tersebut di internet atau mengcopy dari windows tetangga yang masih oke. Setelah itu silahkan bersihkan registry dan junk file dengan utility sperti tune up atau cc cleaner
  • Hal kedua jika tidak bisa booting dan yang muncul hanya layar biru, maka anda bisa melakukan repair windows agar bisa booting dulu dan melakukan tindakan pada opsi di atas.(hal ini bukan prioritas perbaikan)
  • Instal ulang (kadang tidak akan berhasil jika yang rusak adalah hardware) namun jika software yang rusak, solusi opsi 1 dan 2 biasanya berhasil.
  • Jika ternyata semua opsi diatas gagal, maka hipotesa penyebab bluescreeen adalah kerusakan harware karena dipekerjakan secara paksa. Cara mengetahui komponen yang rusak, bisa dicek dengan menggunakan hirens boot cd, dimana dalam software ini sudah ada tool untuk test memory, vga, harddisk dan sebagainya. dan jika terbukti hardware yang rusak maka jalan perbaikannya adalah ke service center atau service ahli yang punya stok hardware komputer anda.

Semua cara yang saya tuliskan diatas adalah berdasarkan pengalaman sendiri dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Iklan

15 thoughts on “solusi Blue Screen Of The Death

  1. Wah kebetulan saya pagi ini dapat masalah dengan notebook axioo pico temen. blue screen juga. 😦
    bisa bantu shared bagaimana caranya merestore kembali gak masbro?
    Sebelumnya tengkyu. 😉

    1. pakai cd installer windowsnya aja. cari aja di gugel cara repair windows. kalau netbuk ya bisa dicoba dengan cd rom external atau booting via flashdisk.

  2. Dulu saya pernah kena Blue screen,,tapi syukurlah ada software Error Repair Professional sehingga blue screen pada laptop saya jadi bersih dan memory dump nya juga bersih,adapun cara memperbaiki nya silahkan masuk pada safe mode,lalu lakukan scan menggunakan software ini,beres deh hehehee.

    oh ya biasanya kalau blue screen sulit masuk safe mode,jika tak bisa terpaksa install ulang tapi jika bisa,silahkan scan hehehe.

    teman2 bisa download sini http://asalnikmat.wordpress.com/2012/01/29/error-repair-professional-4-2-3-full-obat-blue-screen/

    silahkan kunjungi balik ya hehehehe.

    satu lagi apa benar ini adalah SANDRA DEWI??? http://asalnikmat.wordpress.com/2012/01/19/benarkah-ini-adalah-sandra-dewi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s