merawat flash disk

4

16 Januari 2012 oleh roby

Jaman sekarang siapa yang masih make disket? ada ga ya?hehhe.. semua orang pada make flashdisk deh sekarang. dulu pas awal flashdisk diluncurkan, flashdisk berkapasitas 512mb saja harganya sampai 300ribu rupiah, bahkan mungkin lebih. orang – orang yang punya flashdisk pada masa itu, menjadikan flashdisk sebagai buah kalung. kalau hari ini masih ada ga ya yang pake kalung berliontinkan flashdisk?hehhee…

Nah, karena flashdisk sekarang sudah sangat merakyat dan menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang, tentunya flashdisk haruslah sehat dan terawat. jangan sampai rusak pada saat diperlukan, terlebih lagi banyak data penting yang tersimpan di dalamnya.

Disini saya mencoba membagikan tips sederhana seputar perawatan flashdisk agar awet. termasuk agar tidak hilang (tips ajaib dari saya) hehhee..😀

Silahkan baca dengan seksama dan dalam tempo yang senikmat – nikmatnya..

  1. berhati – hatilah menggunakan flash disk, jangan sembarangan mencolok flashdisk ke komputer, apalagi warnet. karena sangat rentan terhadap virus. kecuali jika komputer di rumah anda menggunakan antivirus yang update dan cerdas. maksudnya antivirus yang bisa menghapus virusnya, bukan file penting yang dihapus karena dianggap telah terinfeksi virus. disini saya merekomendasikan antivirus seperti Eset atau Avast!
  2. Jika anda termasuk orang yang aktif dengan flashdisk walking, maksudnya flashdisk anda sering dicolokan ke banyak komputer, janganlah membuat folder dalam flashdisk anda karena beberapa virus senang menghapus atau menghidden file yang dimasukan kedalam folder
  3. jika file penting dalam flashdisk anda sudah terhidden virus, scan saja menggunakan antivirus, namun sebelum itu lakukan dulu unhidden terhadap file tersebut. caranya buka commandpromp, buka menu run (windows+r) ketikan “cmd”(tanpa tanda petik) lalu lihat flashdisk anda ada di drive mana. misalkan f, maka ketikkan “f:”(tanpa tanda petik) di commandpromp lalu masukan perintah “attrib -h -r -a -s /s /d”(tanpa tanda petik) maka file yang terhidden akan muncul.
  4. janganlah terlalu seringmemformat flashdisk, karena itu akan mengurangi umur harddisk, jadi alangkah baiknya berhati – hati agar tidak terjadi serangan virus yg fatal di flashdisk yang membuat flashdisk harus diformat, maka gunakanlah sebuah tool kecil bernama hp usb formatter. dengan tool ini, kemungkian reruskan pada harddisk lebih diminimalisir.

Demikian tips sederhana dari saya, mohon kritik dan sarannya🙂 terima kasih..

Bagikan
 

 

4 thoughts on “merawat flash disk

  1. andank mengatakan:

    ini nih cara yang bagus😀

  2. nique mengatakan:

    masih ada lho yg nyari warnet yg bisa dimasukkan disket😦
    hari gini coba?😦
    udah lengkap niy catatanku, kemarin ada yg posting gimana flashdisknya ga kebaca, eh sekarang cara merawatnya … seeepp banget😀 thanks ya

  3. Mabruri Sirampog mengatakan:

    siip banget daah tipsnya…
    aku catat mas..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: