Matematika, kok hal ini bisa terjadi?

29

12 Januari 2011 oleh roby

gambar cuma ilustrasi yang didapatkan dari mbag google

Hal ini saya dari cerita Ayah saya yang menonton acara dialog interaktif di TV.

Dalam dialog itu membahas tentang sains yang katanya ilmu pasti. Lalu dalam dialog itu ada sebuah soal matematika yang sederhana, namun tidak ada ahli yg ada saat itu bisa membuktikan kepastian dan keilmiahannya.

Mau tau apa itu? coba deh kita fikirkan sama –Β  sama matematika sederhana ini.Ada 3 orang yang berencana membeli sesuatu, katakanlah ayam. Tiga orang ini sepakat untuk patungan uang Rp.25.000/orang dan terkumpulah uang senilai Rp.75.ooo. Kemudian uang tersebut diserahkan kepada calo untuk membeli ayam dan setelah ayam dibeli ternyata harga ayam cuma Rp.70.000. Uang tersisa Rp.5.000, dari sisa uang ini Rp.2.000 diberikan untuk calo sebagai upah dan Rp.3000 dibagi kembali oleh 3 orang ini. Jadi sekarang 3 orang ini anggaplah patungan uang Rp.24.000/orang. Tapi masalahnya ada setelah kita melakukan hitung – hitungan dengan uang ini. Kalau 3 orang ini cuma mengeluarkan uang senilai Rp.24.000 berarti uang yang terkumpul adalah Rp.72.000 dan ditambah upah calo Rp.2.000 menjadi Rp.74.000. LHOOO KOK BISA??? padahal uang tersebut awalnya Rp.75.000, kemana kah yang Rp.1.000?

Mari kita hitung lagi.

25.ooo x 3 = 75.000

lalu terpakai 70.000, jadi 75.000 – 70.000 = 5000

uang yang tersisa 5.000 lalu di pecah lagi

5.000 – 2.000 = 3.000 / 3 = habis.

kalau 3 0rang itu patungan 25.000/orang dan mendapatkan kembalian 1000/orang maka mereka terhitung cuma mengeluarkan uang 24.000. dan kalau dikali 3 sama dengan 72.000, lalu ditambah dengan 2.000 akan menjadi 74.000.

Kok bisa terjadi ya?

 

 

Iklan

29 thoughts on “Matematika, kok hal ini bisa terjadi?

  1. hmm, bkin mumet ja mkirn tch,haha

  2. 'Ne berkata:

    hehe lho kok bisa ya? padahal sederhana ya tapi bisa bikin pusing juga :mrgreen:

  3. fendik berkata:

    72 ribu itu kan termasuk calo mas. hihihi.. pertanyaannya yang bikin pusing.. πŸ™‚

  4. Runa Van Error berkata:

    Wah aku paling pusing dah kalo matematika +_+

  5. Hendra berkata:

    hahahaa,,bikin pusing juga ya..

  6. andinoeg berkata:

    hahaha, kemarin saya juga dapet tebakan itu dari sepupu dan tante saya. Saya juga masih bingung dari mana ya??

  7. Haha… Baru pertama ketemu soal yang begini.
    Denuzz coba jawab ya, semoga masalah terselesaikan… πŸ™‚

    Uang untuk membeli ayam = Rp 70.000
    Jadi, satu orang menyumbang uang untuk satu ekor ayam sebesar Rp.70.000/3 = Rp.23.333,33

    Uang untuk membayar upah calo = Rp.2.000
    Jadi, satu orang menyumbang uang untuk upah calo sebesar Rp.2.000/3 = Rp.666,67

    Dengan demikian, satu orang total uang yang dikeluarkannya adalah sebesar Rp.23.333,33 + Rp.666,67= Rp.24.000

    Total uang yang dikeluarkan oleh mereka bertiga adalah Rp.24.000 x 3 = Rp.72.000

    Jadi, sisa uang adalah Rp.75.000 – Rp.72.000 = Rp.3.000

    Gak ada yang aneh kan?
    Soal itu yang bikin pusing, karena ngapain masukin lagi uang upah calo dalam perhitungan Rp.72.ooo. Upah calo kan sudah termasuk secara otomatis ke sana.

    Yang jadi masalah, ahli mana yang gak bisa jawab nih soal? Kalopun ada yang gak bisa jawab, belum “ahli” artinya… Ini cuma tebak-tebakan yang memerlukan logika…

    Semoga jawaban Denuzz bener dan bisa memuaskan yang lagi penasaran…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  8. ded berkata:

    Jadi setiap 75000 dikluarkan 1000 untuk calo. Benarkan menjadi 74000?

  9. bayuputra berkata:

    aku lagi nggak punya duit nih … gimana yah ?

  10. farus berkata:

    waduh kalo soal mtk aku udah menyerah….
    liat angkanya udah pusing…apalagi kalkulus, aljabar, fisika

  11. kartunmania berkata:

    hahahaha… sempat musingin sob…
    calonya kagak nambahin 72 rb jd 74 tp ngurangin jd 70 = klop.. Bagus..bagus..bagus…

  12. bundamahes berkata:

    dulu tebakan ini pernah ngetrend di kalangan mahasiswa, dan saya termasuk salah satu yang ga bisa njawab πŸ˜€

    *maaf jika saya lancang memajang nama blok ini di link blog saya

  13. rera manyun berkata:

    aku juga bingung..
    tapi kalo dikasi ayamnya mau tuh..
    ahaha,,

  14. ai berkata:

    uang serebu doank dipikirin… πŸ˜€

    • dony arisandy berkata:

      hal besar bermula dari hal kecil, koruptor mungkin awalnya ya nyuri – nyuri uang seribu rupiah dulu, nanti lama – lama nyuri uang seribu dolar πŸ™‚

  15. bri yudistira berkata:

    Aaihihihihihi… ky nya seru’ emangk takdir’x 74.000 mau di bwa kmna tetap 74.000 yg dikeluarin…. hiihi πŸ˜‰
    “enggak, emangk soalx yg muter2!.

  16. talentini berkata:

    ndak ngerti matematika ah,,bikin mumet za

  17. kawanlama95 berkata:

    kok kenapa di tambah 2000 , kan untuk calo 2000
    72000 – 70000= 2000 dan 2000nya kan untuk calo jadi habis jadi apaan seeh maksudnya. keknya ga ada yang aneh dah.kalo iuranya 25 ya wajar dapet seribu …
    jadi yang mumet yang mana , ga ada kan

  18. vivi berkata:

    aaa pusing gue -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

10 tahun Bartim Membangun
10th bartim

Komunitas blogger ampah

RSS ha-ZAIN.fo

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS artikel.ha-za.info

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS budies.info

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

login admin (jangan di hack)

%d blogger menyukai ini: