Barito Timur sang matahari terbit

ha-zaMungkin kata – kata “Manuwu” atau berarti tampan yang di berikan untuk Barito Timur bukan hanya sekedar kata, namun memiliki makna yang dalam dan luas bagi Kabupaten yang berdiri di tahun 2002 lalu setelah resmi melepaskan diri dari Kabupaten induknya Barito Selatan.

Sekedar flashback kembali ke tahun 2002, semua warga Bartim (Barito Timur) pasti akan berkata “begitu banyak perubahan”Yeah, thats right, bahwa begitu banyak perubahan. Jika dulu yang kita lihat hampir seluruh wilayah Bartim hanya dipenuhi dengan hutan, kini menjadi pemukiman modern padat penduduk dengan kesehjateraan penduduk yang juga jauh lebih baik.

Adalah Drs. H. Zain Alkim, Bupati pertama Kabupaten Barito Timur yang langsung dengan penuh semangat membangun Barito Timur. Dan hasil pembangunan itu sangat terlihat jelas dari infrastruktur, sarana dan prasarana yang kini sudah jauh lebih baik dan akan terus menjadi lebih baik. Oh iya, sedikit menyenggol tulisan mba Nohan tentang mimpinya yang jadi nyata di Kabupaten Barito Timur saya bisa berkata bahwa inilah salah satu bukti nyata kesuksesan pembangunan di Bartim di bidang pendidikan. Dalam kesempatan lain, saya sempat berkunjung ke beberapa desa yang dulu sangat sulit dikunjungi karena susahnya kendaraan melintas, diantaranya murutuwu, janah jari dan hayaping. Kini untuk mengujungi daerah daerah tersebut kita tidak perlu lagi  merisaukan kondisi jalan, karena jalanan sudah di aspal dan jarak tempuh sudah terasa semakin dekat. Pendidikan di desa pun kini jauh lebih baik, kalau dulu mungkin warga yang terkendala jalan rusak harus berjuang ke luar kampungnya untuk sekolah, sekarang di desa masing – masing sudah ada sekolah walaupun itu beberapanya masih satu atap. ini sungguh peningkatan yang luar biasa dalam usianya yang baru 10 tahun. Saat berada di desa hayaping, saya sempat berbincang – bincang dengan salah satu orang tua yang menunjukan betapa dia bangga pada kabupaten barito timur dan Bupati Barito Timur Drs. H. Zain Alkim, beliau berkata “Dengan pembangunan yang terus dilakukan ini akan membuat seluruh warga bartim semakin dekat, karena bartim ini sangat strategis, seluruh kampung, desa dan kecamatan akan terhubung dan jadi lebih dekat, karena sifatnya bartim ini posisinya di tengah. Bukan hanya dengan seluruh wilayahnya yang semuanya bisa dijangkau dengan kendaraan, dengan kabupaten dan propinsi tetangga pun Bartim ini sangat dekat”. Mungkin inilah salah satu makna kata Manuwu tersebut.

Di bidang ekonomi, masyarakat Barito Timur memiliki sektor andalanya, yaitu Karet. Distribusi dan Penjualan Karet dari Bartim merupakan salah satu yang terbesar di Kalimantan Tengah. Hal ini menjadikan masyarakat Bartim menjadi lebih sejahtera dan memiliki daya beli yang tinggi pada barang – barang terbaru yang berbau kemajuan jaman.

Dari semua kesuksesan di atas, tentu ada kekurangan yang selalu di keluhkan oleh seluruh warga bartim yaitu listrik yang sering bikin jengkel. saya sendiripun merasakannya, padahal saya tinggal di ibukota kabupaten ini dan sering ngomel dengan listrik yang kerap mati. Namun menyikapi hal ini Bupati Barito Timur Drs. Zain Alkim menjawab bahwa impian ini akan terjawab saat PLTU dari PT Rimau Eelektrik nanti sudah bisa beroperasi dalam waktu tidak lama lagi. PLTU yang punya kuota 5.000 MW ini, dimana kelebihan pemakaian, bisa dijual ke daerah-daerah sekitar bartim, yang nantinya, uang dari hasil penjualan daya listrik itu sebagai aset pendapatan daerah (Dikutip dari Otentik News Edisi Januari 2013).

Di bidang lainnya saya coba menyorot tempat saya bekerja. Saya bekerja di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Barito Timur dimana Kantor yang baru berdiri 2011 lalu ini telah menyumbangkan PAD yang sangat besar bagi Bartim dan sebentar lagi statusnya pun akan ditingkatkan menjadi Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal. ini merupakan kebijaksanaan yang sangat tepat yang artinya bartim lebih membuka tangan untuk para investor ikut serta mengoptimalkan potensi bartim yang tentunya akan terus membuat bartim jari janang kalalawah jaya selama lamanya.

IMAG03391 IMAG03571

“if you want understand today, you have to search

Kantor Kecamatan Paju Epat
Kantor Kecamatan Paju Epat

yesterday”. Sukses Bartimku dan Sukses Untuk kita semua.

5 respons untuk ‘Barito Timur sang matahari terbit

Tinggalkan komentar